Monday 7 March 2016



Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Jawa Tengah dengan luas wilayah keseluruhan 772,20 km ini terbagi menjadi 17 Kecamatan 177 Desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sragen di sebelah utara, Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan, Kota surakarta dan Kabupaten Boyolali di sebelah barat, serta Provinsi Jawa Timur di sebelah barat. Perekonomian Kabupaten Karanganyar didominasi oleh kegiatan industri zona industri mengukuhkan Karanganyar sebagai daerah industri dengan konstribusi industri pengolahan, terdapat industri besar dan menengah yang didominasi industri tekstil yang akan tetapi bahan bakunya berupa kapas masih sepenuhnya didukung dari luar daerah dan sebagain besar diimpor dari Cina, Australia, Amerika, dan Afrika Barat, kendala yang menerpa industri tekstil tidak berhenti pada tidak tumbuhnya tanaman kapas,adanya penggunaan air yang besar tanpa melalui instalasi pengolahan air limbah di berbagai industri tekstil meresahkan lingkungan sekitar. Melemahnya tekstil memunculkan peluang bagi industri plastik sebagai andalan, bahan bakunya berupa polyethilene juga diimpor dari Cina dan Jepang. Berbeda dengan tekstil, permintaan plastik cenderung stabil, industri plastik untuk kemasan sudah dipasarkan ke berbagai negara seperti Inggris, Italia, Amerika, Jepang, Belanda, Singapura, Rusia, dan Hongkong. Maraknya bisnis di sektor industri berpengaruh pada penurunan luas lahan pertanian, lahan pertanian yang beralih fungsi ke non pertanian yang sebagian besar digunakan untuk mendirikan pabrik yakni di Kecamatan Jaten, Kebakkramat, dan Gondangrejo serta pemukiman di Kecamatan Karanganyar dan Jaten. Padahal lahan di daerah tersebut adalah lahan yang subur yang merupakan daerah penghasil padi. Konsekuensi dari berkurangnya lahan pertanian dicerminkan juga lewat produksi padi. Tidak hanya padi daerah yang berketinggian antara 80 sampai 2.000 meter di atas permukaan laut ini cocok untuk ditanami sayur-mayur jenis wortel, buncis, bawang putih, bawang merah, serta buah-buhan, durian, duku, melon, pisang, dan mangga menadi andalan dan potensi.
Di bidang pariwisata, kondisi alam Karanganyar potensial dijadikan daerah tujuan wisata. Letaknya di kaki Gunung Lawu menjadikan wilayah ini berudara sejuk dengan pemandangan yang indah, terdapat juga kawasan wisata lain seperti hutan wisata Puncak Lawu, Gunung Bromo, dan sekipan. Terdapat juga peninggalan sejarah seperti Candi Cetho dan Candi Sukuh di lereng Gunung Lawu, dan Tawangmangu.

0 comments:

Post a Comment

Tata tertib berkomentar :
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Berlakulah dengan bijak dalam menggunakan sarana publik ini. Baca dan pahami isinya terlebih dahulu, barulah Berkomentar. Terimakasih.

Contact Admin

Recent Post

    Area Soloraya

    VISIT SOLORAYA

    Seni Budaya Jawa

    Popular Posts

    Kalender

    Translate To



    EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified



    Labels

    Boyolali (14) Karanganyar (25) Klaten (11) Sragen (17) Sukoharjo (11) Surakarta (13) Wonogiri (14)