Tuesday 19 April 2016

Candi Sari terletak di Dusun Gedangan Kecamatan Cepogo dan termasuk dalam wilayah kabupaten Boyolali, sebelah utara dari Kota Solo. Untuk mencapai lokasi tersebut sahabat pelancong harus menyiapkan kendaraan yang benar-benar dalam kondisi bagus, karena jalan yang dilalui adalah jalan di perkampungan, dan juga harus melewati pertigaan kampung dan gang kecil, sebaiknya bertanya pada warga sekitar untuk menjaga agar tidak tersesat, lagipula masyarakat sekitar candi sangat terbuka dan welcome pada pendatang baru apalagi turis.
Candi Sari berukuran panjang 4 meter persegi, tinggi 2 meter dan memiliki 4 stupa kecil di masing-masing ujungnya, serta satu stupa dengan ukuran lebih besar ditengah candi. Didepan Candi Sari terdapat beberapa patung sapi, tempat sesaji, batu-batu candi dengan relief khas hindu. Candi Sari termasuk candi hindu karena memiliki ciri khas terdapat patung sapi dan arca siwa. Berdasarkan cerita turun-temurun candi ini apabila dilihat secara gaib adalah sebuah keraton (menurut juru kunci candi).
Bukan hanya merupakan sebuah keraton apabila dilihat secara gaib, Candi Sari ditunggui oleh seekor anjing hitam berkulit mulus, ada cerita bahwa candi ini adalah candi yang kalah karena berperang dengan pihak masyarakat Pantaran. Pantaran adalah tempat pemandian di kecamatan Ampel, sebelah utara dari Cepogo. Karena di Pantaran merupakan sumber mata air, maka wilayah itu menang. Oleh beberapa mitos ini banyak sahabat pelancong yang penasaran dan datang untuk mendengar cerita lebih detail.

Sejenak berpaling dari mitos Candi Sari, hal lain yang terdapat di wilayah candi adalah adanya pohon beringin besar yang mendukung keasrian dari lokasi tersebut. Udara sejuk dan keindahan alam dapat ditemukan dengan mudah disini meskipun aksesnya cukup sulit dan rumit namun semua terbayar dengan keindahan pemandangan yang disuguhkan serta cerita sejarah untuk pembelajaran sejarah.

0 comments:

Post a Comment

Tata tertib berkomentar :
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Berlakulah dengan bijak dalam menggunakan sarana publik ini. Baca dan pahami isinya terlebih dahulu, barulah Berkomentar. Terimakasih.

Contact Admin

Recent Post

    Area Soloraya

    VISIT SOLORAYA

    Seni Budaya Jawa

    Popular Posts

    Kalender

    Translate To



    EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified



    Labels

    Boyolali (14) Karanganyar (25) Klaten (11) Sragen (17) Sukoharjo (11) Surakarta (13) Wonogiri (14)