Sunday 6 March 2016

 Kota Solo merupakan kota yang penuh nuansa sejarah dan budaya, mempunyai nuansa tradisi Jawa yang dibanggakan masyakatnya. Salah satu tempat yang dapat membuat Anda terkesima dengan beragam atraksi warisan budaya Jawa kuno. Setidaknya beberapa hari harus Anda luangkan untuk menikmati semua sajian wisata yang mengagumkan di Kota Solo. Dari berkeliling kota sambil melihat keraton, mengunjungi pasar tadisional, berbelanja batik dan kerajinan yang berkualitas bagus, menikmati atraksi tarian Kota Solo yang penuh keagungan, wayang kulit, menikmati kuliner yang lezat, dan tentunya dapat berkomunikasi langsung dengan masyarakatnya yang sangat ramah.

Kota Solo – Sister City Yogyakarta

Kota Solo atau disebut juga Surakarta adalah kota kuno yang didirikan oleh Paku Buwana II. Sejarah kota Solo tidak bisa lepas dari sejarah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang merupakan penerus Kerajaan Mataram Islam. Surakarta terkenal sebagai salah satu pusat dan inti dari kebudayaan Jawa kuno karena secara tradisional merupakan salah satu pusat politik dan pengembangan tradisi Jawa. Kemakmuran wilayah ini semenjak abad ke-19 telah mendorong berkembangnya berbagai literatur berbahasa Jawa, tarian, makanan, pakaian, arsitektur, dan beragam hasil budaya yang indah lainnya.
Apabila kita menyandingkannya dengan Kota Yogyakarta maka terlihat seolah adanya“emulasi” dan “kontes” kultural antara Surakarta dan Yogyakarta. Tidaklah mengherankan kemudian terlahirlah apa yang dikenal dengan “gaya Surakarta” dan”gaya Yogyakarta” baik itu dalam busana, tarian, wayang, pengolahan batik, gamelan, dan berbagai macam bentuk budaya lainnya.
Masyarakat Kota Solo sangat pandai menjaga budaya lokalnya. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan apabila bahasa Jawa dari Kota Solo digunakan sebagai standar bahasa Jawa nasional. Tarian daerah Bedhaya dan Srimpimasih dilestarikan di Keraton Solo. Penduduk Kota Solo sangat bangga dengan batik, bahkan label kota Solo selain ‘Solo, The Spirit of Java’ juga terkenal dengan julukan “The City of Batik”. Biasanya wisatawan local/wisatawan mancanegara yang berlibur ke Jogja juga akan singgah di Solo, begitupula sebaliknya.

Wisata Kuniler Kota Solo


Berkunjung ke kota solo tidaklah lengkap kalau tidak mencicipi Kuliner Khas Kota Solo. Banyak sekali kuliner khas Kota Solo. Tapi ada beberapa Kuliner yang sangat terkenal dikota solo, diantaranya Nasi liwet, Cabuk Rambak, Gudeg Ceker, Tengkleng Kambing, Serabi, kembang tahu / Tahok, Dawet ayu Pasar Gede dan masih banyak lagi kuliner yang bisa anda cicipi. Untuk menemukan kuliner tersebut tidaklah sulit, hampir di beberapa sudut Kota Solo kuliner tersebut dapat ditemukan.

Wisata Belanja Kota Solo


Berkunjung ke Kota Solo selain berwisata sejarah ataupun kuliner, belum lengkap apabila tidak menyempatkan diri berbelanja aneka cinderamata khas Kota Solo. Atau anda dapat mencari tempat belanja murah yang banyak ditemui di sini. Diantaranya Pasar Klewer, Beteng Trade Center / BTC, Pusat Grosir Solo, Pasar Barang Antik Triwindu, Pasar Gede, Pasar Burung Depok dan masih banyak tempat belanja yang dapat anda kunjungi.

Wisata Seni Kota Solo


Sebagai bagian dari budaya Jawa yang telah ratusan tahun, Kota Solo juga menawarkan wisata seni yang eksotik. Seperti halnya budaya wayang yang menyebar di pulau jawa, salah satu yang menarik adalah wayang kulit dari solo. Sebuah boneka tipis yang terbuat dari kulit kambing dibuat untuk mengambarkan ratusan cerita yang menarik nan sarat filsafat di dalamnya. Dimainkan oleh seorang dalang – master of puppet, yang sangat ahli dalam merangkai cerita dan memadukan suara para tokoh di dalam cerita dengan mengerak-gerakan wayang

Sebagai kota yang memiliki kekuatan di bidang seni yang tinggi, beragam atraksi disajikan di Kota Solo. Ada yang dalam bentuk pawai tradisional sampai dengan pameran kreatif busana yang ditampilkan berkeliling kota. Semuanya sangat menarik hati dalam memanjakan diri menikmati kreasi seni yang melimpah di kota batik ini. Sehingga tak dapat dipungkiri lagi kalau kota seribu seni ini sangat menarik dikunjungi.
Sebagaimana yang kita tahu, Kota Solo dikelilingi oleh daerah- daerah lainnya seperti Boyolali, Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Wonogiri dan Klaten. Kota-kota disekitar solo ini juga mempunyai keindahan alam yang banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Kota- kota yang mempunyai tempat wisata alam ini juga sering diidentikkan dengan kota Solo. Keindahan yang alami dari tiap-tiap tempat wisata ini juga tidak tergantikan oleh tempat lain. Adapun tempat wisata alam di daerah Kota Solo antara lain:
• Kawasan Selo, Boyolali
• Mata Air Cokro
• Taman Air Tlatar
• Waduk Cengklik
• Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu
• Air Terjun Segoro Gunung
• Kebun Teh Kemuning
• Air Terjun Jumog
Apabila Anda sedang menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di Kota Solo, maka Anda dapat mengunjungi tempat wisata alam di Kota Solo. Selain membuat Anda menjadi lebih segar, berwisata alam di Kota Solo terbilang cukup murah. Jika Anda akan menyambangi kota Solo, jangan ragu-ragu untuk meluangkan waktu mengunjungi salah satu atau beberapa tempat wisata alam di Kota Solo.

0 comments:

Post a Comment

Tata tertib berkomentar :
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Berlakulah dengan bijak dalam menggunakan sarana publik ini. Baca dan pahami isinya terlebih dahulu, barulah Berkomentar. Terimakasih.

Contact Admin

Recent Post

    Area Soloraya

    VISIT SOLORAYA

    Seni Budaya Jawa

    Popular Posts

    Kalender

    Translate To



    EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified



    Labels

    Boyolali (14) Karanganyar (25) Klaten (11) Sragen (17) Sukoharjo (11) Surakarta (13) Wonogiri (14)