Sunday 24 April 2016


Candi Lumbungterletak di Dukuh Tlogo, Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Surakarta, yang berada seratus meter dari candi seribu. Di Kecamatan Prambanan merupakan surga bagi situs percandian yang sangat luar biasa, anda bisa menemukan banyak candi didaerah ini, seperti candi prambanan yang sudah terkenal didalam dan luar negeri, anda juga bisa menemukan berbagai candi yang belum mempunyai nama seperti candi barong dan candi banyuniba termasuk candi lumbung sendiri. Bagi anda pecinta sejarah peninggalan peradaban budha dan hindhu, anda bisa datang ke candi lumbung ini, banyak hal menarik yang bisa anda temukan di candi lumbung.  Candi yang menepati luas tanah 545, 35 meter persegi ini mempunyai 17 bangunan dengan diantaranya satu candi induk dan 16 candi perwara( candi pendamping), hal yang sangat menakjubkan untuk anda pelajari dan nikamti keindahannya bersama keluarga dan bersama teman- teman.

 

Candi induk di candi lumbung ini sudah tidak sempurna lagi bentuknya , atap candi induk sudah tidak adalagi, namun begitu keidahan candi ini masih menakjubkan dengan berbagai pahatan- pahatan dan relief yang terdapat didinding candi induk ini. anda akan menemukan relief- relief yang menggambarkan sosok laki- laki dan perempuan dengan ukuran yang kurang lebih seperti aslinya. Anda juga akan menemukan yang mengapit pintu, yaitu kuwera dan hariti. Candi utama ini memiliki tinggi sekitar 2,5 meter, dengan terdapat 9 buah relung, namun tak satupun relung yang berisi arca, mungkin karena tangan- tangan jahil yang menjadikan arca – arca di candi lumbung sudah tidak ada lagi.

 

Yang paling menarik dicandi ini tentunya candi perwaranya yang begitu banyak, anda akan menemukan 16 candi perwara yang semuanya menghadap ke candi utama, bangunan candi perwara mempunyai tinggi 1 meter, dengan tidak terdapat hiasa- hiasan didindingnya,  meski begitu candi perwara ini sangat menarik unutk dijadikan obyek berfoto. Anda bisa berkunjung ke candi lumbung untuk melengkapi pengetahuan wisata anda tentang percandian di Indonesia dan khusunya Yogyakarta dan sekitaranya, candi lumbung bisa anda jadikan alternatif tujuan wisata anda setelah berkunjung ke candi prambanan dan saat berwisata di Yogyakarta.

How to get There :
Untuk menuju lokasi Candi Lumbung bisa menggunakan bus umum berupa trans Jogja jalur 1A dan 1B  turun dihalte Prambanan dilanjutkan dengan ojek atau becak sekitar 1 km bisa juga menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

0 comments:

Post a Comment

Tata tertib berkomentar :
1. Komentar harus relevan dengan konten yang dibaca
2. Gunakan bahasa yang baik dan sopan
3. Tidak mengandung unsur SARA or Bullying.
4. Dilarang SPAM. Exp: Nice gan, Makasih Gan, dll
5. Dilarang menyisipkan link pada isi komentar. Aktif ataupun tidak.

Berlakulah dengan bijak dalam menggunakan sarana publik ini. Baca dan pahami isinya terlebih dahulu, barulah Berkomentar. Terimakasih.

Contact Admin

Recent Post

    Area Soloraya

    VISIT SOLORAYA

    Seni Budaya Jawa

    Popular Posts

    Kalender

    Translate To



    EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianBrazilJapaneseKoreanArabicChinese Simplified



    Labels

    Boyolali (14) Karanganyar (25) Klaten (11) Sragen (17) Sukoharjo (11) Surakarta (13) Wonogiri (14)